SISTEM INFORMASI GEOGRAFI LOKASI OLEH – OLEH KHAS KOTA SEMARANG



SIG adalah Sistem Informasi Geografi yang berdasarkan letak geografis suatu tempat. Misalnya Kota Semarang yang letak geografisny terletak di provinsi Jawa Tengah dengan luas 373,70 Km.
Sejarah singkat Kota Semarang :
Sejarah Semarang berawal kurang lebih pada abad ke-6 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil. Akibat pengendapan, yang hingga sekarang masih terus berlangsung, gugusan tersebut sekarang menyatu membentuk daratan. Bagian kota Semarang Bawah yang dikenal sekarang ini dengan demikian dahulu merupakan laut. Pelabuhan tersebut diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada tahun 1435 M. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan kelenteng dan mesjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu).


Lambang Kota Semarang 

Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beberapa obyek wisata dan makanan khas kota Semarang diantaranya :

Obyek Wisata :
1.       Lawang Sewu.
2.       Kawasan Kota Lama.
3.       Gereja Blenduk.
4.       Kelenteng Sampokong.
5.       Tugu Muda.
6.       Vihara WatuGong.

Makanan Khas Semarang :
1.       Lunpia Semarang.
2.       Wingko Babat.
3.       Tahu Bakso.
4.       Ganjel rel.

 Peta Administratif Jawa Tengah

Bagi yang ingin mengunjungi Kota Semarang dan belum memiliki informasi tentang lokasi oleh – oleh khas Kota Semarang di blog ini sudah disediakan aplikasi android tentang SIG Lokasi Oleh – Oleh Khas Kota Semarang dengan minimum OS Android 2.3 ( GingerBread ).


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar